Senin, 01 Mei 2017

TUGAS 3 PENGANTAR KOMPUTASI MODERN

PARALLEL PROCESSING

          Parallel processing adalah penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Tujuannya untuk meningkatkan performa komputasi. Komputasi parallel merupakan salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Komputasi parallel membutuhkan algoritma, bahasa pemrograman dan compiler.

            Pemrograman parallel adalah teknik pemrograman komputer yang memungkinkan eksekusi perintah atau operasi secara bersamaan baik dalam komputer dengan satu (prosesor tunggal) ataupun banyak (prosesor ganda dengan mesin paralel) CPU. Terdapat dua hukum yang berlaku dalam sebuah parallel processing, yaitu:
  •           Hukum Amdahl

Amdahl berpendapat, “Peningkatan kecepatan secara paralel akan menjadi linear, melipatgandakan kemampuan proses sebuah komputer dan mengurangi separuh dari waktu proses yang diperlukan untuk menyelesaikan sebuah masalah”.

  •           Hukum Gustafson

Pendapat yang dikemukakan Gustafson hampir sama dengan Amdahl, tetapi dalam pemikiran Gustafson, sebuah komputasi paralel berjalan dengan menggunakan dua atau lebih mesin untuk mempercepat penyelesaian masalah dengan memperhatikan faktor eksternal, seperti kemampuan mesin dan kecepatan proses tiap-tiap mesin yang digunakan.

            Bahasa pemrograman yang digunakan pada pemrograman parallel adalah MPI (Message Passing Interface) sebuah standard pemrograman yang memungkinkan pemrogram untuk membuat sebuah aplikasi yang dapat dijalankan secara parallel dan PVM (Parallel Virtual Machine) perangkat lunak yang memungkinkan sekumpulan komputer yang heterogen terlihat seperti satu sistem komputer paralel dan dapat digunakan sebagai sebuah sumber daya komputasi yang koheren.

Arsitektur Komputer Parallel



HUBUNGAN ANTARA KOMPUTASI MODERN DENGAN PARALLEL PROCESSING

            Tujuan dari komputasi paralel adalah meningkatkan kinerja komputer dalam menyelesaikan berbagai masalah. Dengan membagi sebuah masalah besar ke dalam beberapa masalah kecil, membuat kinerja menjadi cepat.

            Formula komputasi paralel yang diajukan pada hukum Amdahl. Dimana adalah banyaknya paralel yang terjadi. Secara teoriartinya proses penyelesaian masalah menjadi lebih cepat dengan menggunakan komputasi paralel.

       Jadi, sudah jelas tertera bahwa hubungan dari Komputasi Modern dan Pemrosesan Parallel adalah penggunaan komputer dengan pemrosesan paralel sangat mempercepat kinerja dibandingkan dengan penyelesaian masalah dengan satu CPU. Oleh sebab itu, peningkatan kinerja atau proses komputasi semakin diterapkan, salah satunya adalah dengan cara meningkatkan kecepatan perangkat keras. Dimana komponen utama dalam perangkat keras komputer adalah processor. Sedangkan parallel processing adalah penggunaan beberapa processor (multiprocessor atau arsitektur komputer dengan banyak processor) agar kinerja computer semakin cepat.

            Kinerja komputasi dengan menggunakan paralel processing itu menggunakan dan memanfaatkan beberapa komputer atau CPU untuk menemukan suatu pemecahan masalah dari masalah yang ada. Komputasi dengan paralel processing akan menggabungkan beberapa CPU, dan membagi-bagi tugas untuk masing-masing CPU tersebut. Jadi, satu masalah terbagi-bagi penyelesaiannya.

Sumber :
Kemal Ade Sekarwati. 10. PARALLEL PROCESSING.pdf




Tidak ada komentar:

Posting Komentar