Selasa, 24 Juni 2014

Pertemuan Delphi Ke - 5

1.    List Program

Unit1
Procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
if (Edit1.Text = ‘Mahasiswa’) and
(Edit2.Text = ‘password’) then
begin
Form1.Hide;
Form2.Show;
end
else
Label4.Caption:=’Maaf Username/ Password yang anda masukkan salah’;
end;

procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Label4.Caption := ‘ ‘ ;
end;

end.

Unit2
procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
var kuis, uts, uas, keaktifan : integer;
jumlah : real;
begin
kuis := StrToInt (Edit1.Text);
uts := StrToInt (Edit2.Text);
uas := StrToInt (Edit3.Text);
keaktifan := StrToInt (Edit4.Text);
jumlah := (kuis + uts + uas + keaktifan) / 4;
Label6.Caption := ;Rangkuman Nilai Anda Adalah = ‘ + FloatToStr(Jumlah);
end;

procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Edit3.Clear;
Edit4.Clear;
Label6.Caption := ‘ ‘ ;
end;

end.


2.    Logika Program

Analisa program :
Program ini dibuat untuk latihan membuat program menggunakan delphi7, yang berdasarkan label, edit dan button. Di sini kita akan membuat Program Login yang kemudian setelah Login masuk ke Rangkuman Nilai.

Penjelasan Program :
1.    Pertama-tama kita membuat 4 Label pada form1, yaitu Label1 (LOGIN), Label2 (USERNAME), Label3 (PASSWORD) dan Label4 (Maaf Username/Password yang anda masukkan salah).
2.    Setelah itu, kita buat 2 Edit pada form, Edit1 diletakkan sebelah USERNAME dan Edit2 diletakkan sebelah PASSWORD.
3.    Kemudian buat 2 Button, Button1 (LOGIN) dan Button2 (RESET).
4.    Klik Button1 (LOGIN) kemudian masukkan kodingan :
Procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject);
begin
if (Edit1.Text = ‘Mahasiswa’) and
(Edit2.Text = ‘password’) then
begin
Form1.Hide;
Form2.Show;
end
else
Label4.Caption:=’Maaf Username/ Password yang anda masukkan salah’;
end;

Button1 berfungsi untuk LOGIN. Jika Edit1.Text diinput Mahasiswa dan Edit2.Text diinput password, pada password kita dapat membuatnya menjadi tidak terlihat dengan mengubahnya pada Password Char buat menjadi simbol * kemudian Form1 akan secara otomatis disembunyikan jika LOGIN berhasil, lalu akan tampil Form2 tetapi bila salah menginput Edit1.Text maupun Edit2.Text maka Label4.Caption akan menampilkan kalimat Maaf Username/Password yang anda masukkan salah.
5.    Setelah itu  pada Button2 (RESET) masukkan kodingan :
procedure TForm1.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Label4.Caption := ‘ ‘ ;
end;
end.

Button2 berfungsi untuk mereset semua hasil output yang ditampilkan setelah Login dengan Username dan Password. Maka Edit1.Clear; Edit2.Clear; akan membersihkan text pada kolom masing-masing Edit. Begitu pula dengan Label4.
6.    Kemudian setelah kita membuat desain tampilan, memasukkan kodingan di Form1 pada Unit1 dengan Program LOGIN saatnya kita mendesain Form2 yaitu RANGKUMAN NILAI.
7.    Kita membuat 5 Label dengan Label1 (RANGKUMAN NILAI), Label 2 (NILAI KUIS), Label3 (NILAI UTS), Label4 (NILAI UAS), dan Label5 (NILAI KEAKTIFAN).
8.    Kemudian kita buat 2 Button, Button1 untuk Hasil dan Button2 untuk Reset.
9.    Setelah selesai mendesain tampilan Form2, kita masukkan kodingan seperti berikut pada Button1 (Hasil) :
procedure TForm2.Button1Click(Sender: TObject);
var kuis, uts, uas, keaktifan : integer;
jumlah : real;
begin
kuis := StrToInt (Edit1.Text);
uts := StrToInt (Edit2.Text);
uas := StrToInt (Edit3.Text);
keaktifan := StrToInt (Edit4.Text);
jumlah := (kuis + uts + uas + keaktifan) / 4;
Label6.Caption := ;Rangkuman Nilai Anda Adalah = ‘ + FloatToStr(Jumlah);
end;

Pada RANGKUMAN NILAI ini kita akan menghitung Hasil nilai kita. Seperti yang kita lihat pada kodingan kuis, uts, uas, keaktifan dibuat menjadi nilai integer kemudian jumlah dibuat menjadi nilai real. Lalu kuis akan diubah dari sting menjadi nilai integer begitu pun dengan uts, uas, dan keaktifan. Masing-masing akan diinputkan pada Edit masing-masing. Edit1 (kuis), Edit2 (uts), Edit3 (uas), dan Edit4 (keaktifan). Pada jumlah digunakan rumus yaitu menjumlahkan nilai kuis, uts, uas, dan keaktifan lalu dibagi 4 untuk menghitung hasil keseluruhan nilai yang kita dapatkan setelah diinputkan pada masing-masing Edit. Label6.Caption berfungsi untuk menampilkan kaliamat Rangkuman Nilai Anda Adalah = kemudian ditampilakan pula Jumlah pada Label6 yang dari float diubah menjadi string.
10.  Setelah itu pada Button2 (Reset) masukkan kodingan :
procedure TForm2.Button2Click(Sender: TObject);
begin
Edit1.Clear;
Edit2.Clear;
Edit3.Clear;
Edit4.Clear;
Label6.Caption := ‘ ‘ ;
end;
end.

Sama seperti Button RESET pada Form1, Button2 di Form2 pun berfungsi untuk mereset semua hasil output yang ditampilkan setelah diinputkannya nilai pada RANGKUMAN NILAI. Maka Edit1.Clear; Edit2.Clear; Edit3.Clear; Edit4.Clear; akan membersihkan text pada kolom masing-masing Edit. Begitu pula dengan Label6.
11. Setelah semua langkah-langkah diatas telah kita lakukan saatnya kita Test Program yang telah kita buat dengan menekan F9 atau Play pada Delphi.

Berikut adalah hasil output dari Program yang telah dibuat :












Tidak ada komentar:

Posting Komentar