Selasa, 24 Juni 2014

Pertemuan Visual Basic ke-2

Pada praktikum pertemuan kedua ini, saya mendapatkan materi Perulangan pada Visual Basic. Perulangan (Looping) adalah struktur loop yang memperbolehkan anda untuk melaksanakan sekelompok baris lebih dari satu kali. Pada praktikum ini saya membuat aplikasi perulangan untuk mencari bilangan genap. Berikut adalah desain tampilan programnya :


Pada desain form1 diatas terdapat 2 buah Label yang berfungsi sebagai judul dan bilangan, 1 buah TextBox untuk memasukkan angka yang diinginkan, 1 buah ListBox untuk menampilkan outputnya dan 4 buah CommandButton sebagai perulangan yang diinginkan For Next, While Wend, Do Loop Until dan For If. Berikut adalah kode yang terdapat pada program yang telah dibuat :   



Pada Command1_Click() terdapat perintah bilangan = Val(Text1). Fungsi Val  digunakan untuk mengubah tipe data text menjadi tipe data numerik, sedangkan fungsi Str digunakan untuk mengubah tipe data numerik menjadi tipe data text. Property clear pada List1 digunakan untuk membersihkan isi list1. Perintah For i digunakan untuk menentukan nilai i tersebut. Property AddItem pada List1 digunakan untuk menambahkan isi list1 dengan demikian sebelumnya dibersihkan, kemudian ditambah isinya dengan barisan bilangan yang dibuat. Dan perintah next i digunakan untuk menetapkan hasil yang didapat dari nilai i tadi.   

Pada Command2_Click() bilangan bernilai 2. Kondisi while bilangan kurang dari sama dengan 100 maka list1 akan menambahkan bilangan dan bilangan sama dengan bilangan ditambah 2 adalah akumulator. Variabel kontrol pada jenis looping tidak otomatis bertambah/berkurang seperti pada looping dengan For Next, sehingga penambahan atau pengurangan nilai dilakukan dengan menggunakan akumulator yang dituliskan dengan var = var + step. Meskipun hal ini bukan suatu keharusan. Karena tidak setiap looping membutuhkan akumulator, variabel yang terus menerus bertambah atau berkurang. 

Pada Command3_Click() bilangan sama dengan 2. List1.Additem bilangan berguna untuk menampilkan bilangan. Perintah bilangan = bilangan + 2 sebagai akumulator  proses akan diulang sampai kondisi yang diberikan dipenuhi yaitu bilangan sampai dengan 100.

Pada Command4_Click() untuk i bernilai 2 sampai 100. Perintah if j = i mod 2 = 0 Then List1.Additem i berfungsi untuk nilai i jika hasil baginya sama dengan 0 maka pada List1 akan menampilkan hasil output program tersebut.


Berikut adalah tampilan outputnya :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar